Labels

Friday, April 22, 2016

Antara menjadi istri dan karyawan..


Semua dimulai sejak dua bulan lalu. One day, Mr. A kena flu dan batuk tertular temannya gitu. Kemudian pada saat itu, ak masih dengan pedenya deket2 aja n msh ask for light kisses lah dr dy karena kebetulan sudah 6 bln lebih nih ceritanya ga pernah kena flu. Jadi pede dgn keadaan fisik sndr. Sampai, akhirnya ak tertular juga. Pada saat tertular itu keadaan pekerjaan itu sedang hectic2nya. Last month itu sekolahku ada acara Field Trip dan kebetulan I was on of the PIC. Field trip 3 hr berturut2 itu lumayan lah ya bikin gempor (I went for 2 days in a row). Trz setelah itu masih ada kesibukan menjelang akhir term 3. Jadi bnr2 melelahkan pekerjaan di sekolah plus dirumah dan juga kesibukan untuk urus tahap2 akhir launching brand clothing line bersama teman2. Setiap weekend pasti busy here and there jd ga ad proper rest banget sehingga yang ada sakitny ak dan Mr. A itu spt hanya muter2 diantara kita. Saling tular menular tiada akhir. #lelahsakit

Perihal sakit ini berlangsung lah sampai ke bulan ini sebagai tahap akhirnya.


April 10, 2016

Hari ini qta drop my MIL and FIL ke bandara karena mereka mau ke Penang untuk check up. Kemudian Mr. A nemeninku untuk meet up sesama blogger lain di Lippo Mall Puri. ^^ 

sayap kiri: AS, The twin sisters of Nini and Nana, Prisil and F
sayap kanan : Heidy and Yudith, Ci Tin, Indri and Mr. Buni 
Pertemuan kilat for me karena uda ada janji lagi dan missed to meet Yanti. Hopefully next one bs full team. Rame pasti!

Pada saat meet up ini sih Mr. A sbnrnya uda ga fit. Dy ga bs tidur sudah beberapa hari. Jadi kurang tidur sekali tapi dy masih mau nemenin ak ke sini. Cuma setelah itu ak masih ada acara ke Open House Yogie Pratama di Pluit (walau bukan capeng lagi tapi iseng2 mau datangin ^^).

Nah, sebelumnya drop dulu deh Mr. A dirumah, trz ak minta dijemput temen aja di rumah. Setelah itu pulangnya nae U*** aja sambil mampir beli bubur angke yg terkenal itu buat Mr. A yg dirmh. 


April 11, 2016

Ak berangkat kerja seperti biasanya dan sibuk mikirin sore pulang kerja mau masak Lettuce Wrap Rice. Kebetulan ga ada mertua jadi bisa eksperimen makanan dengan slow cooker. Jadi, pulang kerja ga langsung pulang tp ngider dl cari water chesnut di PIK area. 

Pas sampai rumah langsung ke dapur karena mau masak dengan slow cooker yang took 3-4 hours jd hrs cpt2 preparing deh. Pikiranku adalah pas Mr. A pulang jd uda tingga makan. 

Abiz siap2 sbntr ak masuk kamar mau ganti seragam and kaget banget pas melihat Mr. A di dalam kamar. Ternyata dia pulang kerja lebih awal setelah lunch krn merasa ngantuk sekali. Jadi mau istirahat. 

Ya udah deh jadi ak lbh buru2 lagi siapin makanannya supaya bisa cepat beres dan qta bisa istirahat sambil nonton "Two Days One Night" yg jd jatah nonton kita setiap hari Senin.

walau masaknya less than 4 hours tapi masih enak dan cukup sukses. sempet bingung ngupas water chesnutnya sih
Setelah nonton abis kita istirahat lebih cepat hari ini. Tapi again Mr. A melek terus semalaman.

Sebelum tengah malam itu ak juga ada kebangun dan liat Mr. A sedang chat dengan sepupunya yg mamanya juga ikut MIL n FIL ke Penang. Dy minta dicariin tiket pesawat pulang untuk hari ini juga. Tapi ga bs lagi krn pasport FIL uda less than 6 months. Pas hr dy arrival jg sempet bermasalah sih di imigrasi Penang. Tp akhirnya bisa masuk. Cuma karena ngantuk jadi ak ga gt responsif sih. 


April 12, 2016

Troubled start. 

Nah, pagi-pagi ak WA sepupunya itu untuk tanya perihal tiket tersebut. Karena tau Mr. A pasti males nanya ini itu dengan sepupunya itu.

Ternyata alasan MIL and FIL hrs pulang cepat adalah karena kokonya FIL yg sebelumnya memang uda dying akhirnya meninggal selepas tengah malam. Karena kamis sudah dibakar dan mau dibawa abunya ke Ujung Pandang, jadi FIL sudah hrs di Jakarta before the day end. 

Ribet lah qta karena masalah pasport itu. Mr. A kukabari soal apek nya yg meninggal jadi dy bs lebih niat cariin tiket. Jadinya, dy ke kantor lbh awal n ke travel di deket kantornya buat beli tiket tp ternyata tidak bisa jg krn sudah less than 24 hours before flight. So, opsi nya hanya cus ke bandara disana dan cari tiket pesawat apa aja yg penting pulang ke Jakarta.

MIL and FIL milih cr tiket yg transit ke Medan dulu sblm Jakarta. Karena yg direct bedanya sekitar 700k perorang. Lumayan kan itu klo bertiga.

Nah, ak emang rencana untuk ijin pulang lebih cepat hr ini krn tahu mau jemput di bandara plus kermh duka. Rencananya ak mikir klo sempet mau masak lasagna dl di slow coooker supaya keburu matang untuk dinner. 

Tapi, belum sampai rumah saja tahu2 Mr. A uda infoin dy sudah dirumah. Demam dan meriang. Dy minta ak pulang lbh cepat lagi tp karena ak masih ada kelas bener2 ga bs left earlier than plan. 

Setelah kelas selasai, langsung cus pulang. Cek kondisi Mr. A demamnya aroun 38 derajat. Dy bilang mau ke dokter sorean. Saat itu dy mikir krn ga bs tdr, radang dy yg dr minggu lalu jd ga tuntas2. 

Akhirnya ak batal masak lasagna krn kondisi Mr. A ga mgkn makan seperti itu. Jadi gantinya masak sup dan tumis sayur saja.

Sore jam 5 ak boncengin Mr. A ke dokter umum deket rumah krn demamnya uda redaan. Kemudian diresepin dokter obat baru yg lain dengan asumsi radangnya ga tuntas. Kemudian ak jg minta disuntik vitamin C karena takut drop lagi dan juga resep obat batuk lain krn sampai hari itu, ak masih sedikit batuk2 dan ga bener2 tuntas . Sedangkan di skul, sakitnya juga berputar2 anatara anak yg satu dengan yg lain jadi takut tertular lagi. 

Mr. A juga minta obat tidur krn dy bnr2 ga bs tidur dan butuh tidur pulas. Setelah dpt resep kita ke apotik untuk nebus. Resep obt tdr itu sempet jd masalah sih krn terlalu tinggi dosisnya dr yg tersedia disana. 
Stlh dokter menelpon apotik itu baru deh bs beres. Tapi proses nunggu resepnya lama banget. More than 30 minutes. By this time, Mr. A mulai demam lagi dan dy ud tambah lemes.

Uda pasti Mr. A ga bisa ikut jemput nih ke bandara. Jadi ak call sepupu nya untuk nemenin ak ke bandara. Ga mgkn kan minta para orangtua naik taksi. 

Sampai rumah langsung buru2 tumis sayur, kebetulan sup uda di masak seblum berangkat ke dokter dgn api kecil dan nasi uda dimasak jg.
Selesai masak kasih Mr. A makan kemudian let him rest dan ak pun langsung berangkat ke bandara. 

Abis dari bandara, MIL and FIL drop ak dan sepupunya di rumah dan mereka langsung berangkat ke rumah duka lagi. It was 9.30 p.m. already. 

Ak dan Mr. A jelas ga bs pergi ke rumah duka krn Mr. A masih terus demam selama 38 derajat. Kondisinya juga lemas dan meriang.

Malam itu, ak bener2 terjaga hampir semalaman ngecek suhunya dan berbagai cara usahain dy bs keringatan dan turun demamnya. And still ga bs tdr walau ud minum obat tdr.



April 13, 2016

Tapi sampe pagi ini demamnya ga turun sama sekali. Still 38. But I have to go to work. 

Jadi, siangan my FIL bawa Mr. A ke Bio Medika untuk cek darah. 

Seharian itu ak chat dan telp barely di reply sama Mr. A.

Kondisinya itu tidak jauh beda dengan sehr seblmnya. Ditambah menggigil. 

Pulang kerja, FIL blg hasil cek darahnya adak DBD dan typhoid positif,  *haizz*  Kolaborasi gitu sakitnya.

Hasil lab nya diantar sih harusnya jam 7 malam. Rencananya habis dpt ak akan bawa k dokter untuk dibacain dan minta obat penurun demam deh. Karena demamnya msh ga turun sama sekali. 

Malamnya MIL and FIL masih hrs ke rumah duka kan, jadi ak yg stay dirmh jagain. Sedangkan hasil sampai stgh 8 belum sampai. I wondered berapa trombositnya saat itu. Jadi telp ke Bio Medika lagi dan minta hasilnya di email aja.

Ternyata trombositnya msih 162.000. Normal between 150.000-450.000.

Ak bawa hasilnya k dokter tp dokter insisted dy hrs cek pasien seblm ksh obat demam. Jadi pulang jemput Mr. A lagi n bawa dy k dokter, Stlh itu br diresepin obat.

Untungnya setelah mnm obat demam itu demamnya reda,


April 14, 2016

Hari ini lebih hectic lg karena hari ini kokonya FIL mau di bakar dan dibawa ke UP. Sedangkan ak ga bs ijin ngajar krn lg kekurangan guru juga. Salah satu guru lg hrs bed rest krn pendarahan diusia kandungannya yg uda 8 bln, sedangkan ada guru lain jg ga msk sudah dua hari. Kebetulan ak kebagian hrs subs satu kelas dan kelas ku hr itu emang jg cm 1 kls. 

MIL and FIL sempet bingung gimna mereka pergi krn misa pagi jam 8. Sedangkan kantor yang kebetulan di rumah jg buka jm 8,30 n sepupu Mr. A yg kerja sama MIL br datang after 8. Mr. A ga memungkinkan untuk turun ke depan bukain. Hari ini jg FIL ikut berangkat ke UP. 

Jadi, ak hrs contact tmnku untuk minta cr pengganti ku untuk subs kelas teman dan ak akan dtg telat stlh nungguin sepupu Mr. A buka pintu gudang br berangkat k skul untuk ngajar kelasku sndr jm 9-10. 
Untungnya dapat penggantinya kelas temanku. Sampai skul, ak terpaksa ijin principal untuk pulang stlh ngajar krn hrs bawa Mr. A cek darah lagi untuk tahu trombositnya.

Setelah wara wiri ngebut di sekolah, terpaksa hrs tinggalin anak2 dengan partner teacher aja dan pulang urus suami makan dll.

Hasil cek darah hari ini adalah 90.000. Artinya sudah turun dan cukup drastis. Krn dapat referensi pemeriksaan dr dokter jd hasilnya pn di update ke sang dokter. Jadi stlh qta diemailin hasilnya, dktr tlp ke Mr. A dan blg kalau perlu rawat inap k RS dy akan kasih surat pengantar. Menurutntya obatnya cm satu sih yaitu cairan.

That's why qta merasa ga ush ke RS dulu n make sure Mr. A drank a lot.

But, that's the problem. Bocah besar satu itu paling susah disuruh minum. Uda gitu seperti big baby yg ga bs describe kondisi dy gt. Frustrated abz.

Pembicaraan  yg bikin frustasi itu kurang lebih spt ini:

Me : Kamu pusing ga?

Mr. A : ........ ngga juga, kadang-kadang aja

Me : Kata teman2ku yg uda pernah dbd pasti badan jg sakit/ nyeri sih. km sakit ga?

Mr. A : ......... ngga sih. cm geli geli aja

Me :   berasa lemas ga? (klo liat kondisi dy uda jauh lbh seger dr seblmnya sih cm msh dikit2 tidur aj krn ga tau mau ngapain)

Mr. A : biasa aja

Me : (-___-') 

Belum lagi kalau di suruh minum dia akan jawab, kenyang, kembung, ga haus, tadi uda minum banyak. ntar lah dll.. >.< 


April 15, 2016

Pagi-pagi siap2 mau kerja uda dibangunin alarm, si big baby itu memelas2 dgn manja gt minta ditemenin hari itu. Jadi terpaksa ak minta ijin ga masuk kerja dengan super berat hati. I knew how difficult it will be at school krn cr pengganti kelas ku. So sorry but I had to. 

Why? Karena sehari seblmnya kita dapat kabar bahwa ponakan MIL meninggal mendadak juga. 

Oh my.. ini pasti MIL akan sibuk k rumah duka lagi krn dy emang deket dengan semua keluarga dy.. 
Dengan FIL jg ga ada, Mr. A sakit, sdgkan dy masih hrs urus kantor dan gudangnya jg untuk urusan bank dan pembayaran. Jadi jaga suami sakit adalah kerjaanku pastinya. Ga mgkn repotin MIL kan

Jadi paling MIL yg ke pasar beli buah dan  sayur. Ak yg jusin, siapin bubur, masakin sup dll buat Mr. A dan dikit2 ingetin isi cairan.  Ak bawa Mr. A buat cek darah lagi juga hr ini.

By 3 p.m. hasil keluar, email diterima dan trombositnya.........27.000.  Doenkkkk.. turunnya jauh abiz dr sehr seblmnya. I blamed it on him yg susah bnr suruh minum. >.<

Trz akhirnya ak reported ke MIL untuk hospitalized aja. At first, she tried to hold till the next day sih. 
Ak juga ada cb tny Mr. A dy mau nya gimana. Again frustrated Q and A with hime:

Me: Hun, km mau ke RS aja ga or dirmh nih?

Mr. A : ...... terserah. di rumah boleh di rs boleh.

Me :Lah..km rasanya gimana?

Mr. A : biasa aja sih. ya gitu.

Ya owooooooo.. susah amet ya dpt jawaban pasti. Akhirnya ak bw hasil lab nya aja ke dokter lagi dan dokter begitu liat lgsng bilang hospitalized aja takut pendarahan dan dikasih surat pengantar.

Jadilah hari itu qta ngungsi ke RS. Ak siapin barang2 yg diperlukan buat nginep berdua. MIL yg anter ke RS.

Sampai di RS pun masih ribet buat masuk. Harus ke UGD dl lah, tindakan dululah, dll. 

Awalnya dktr UGD nyaranin masuk ruang intermediate room, kls below ICU before room biasa. Tp ak dan MIL merasa tidak perlu. Ini pure cm krn Mr. A ini susah bnr diksh minum cairan jd ngandelin infus dah terpaksa. Tapi kita ambil room VIP aja krn ak hrs jaga dan ga pengen jg sih share room toilet ma org lain plus jg biar gmpng yg visit klo MIL krn dy hrs kerja jg plus biar Mr. A bs istirahat lbh baik krn biasanya dy ga bs tidur klo ada noise.  

Kemudian stlh 2 jam br akhirnya masuk room. Dan dites darah lagi trombositnya uda terjun ke 19.000. 

Jadilah hrs bed rest total.

Malam itu lelah bnr krn bntr2 bangun si Mr. A minta pipis (30min-1 jam sekali). Dy masih blm terbiasa dgn segala selang tp hrs pee di tabung gt. Uda gt, infusnya cukup cepat habisnya klo ga di cek kebablasan jg darahnya jd naik. Sedangkan panggil susternya klo dipencet call mereka pake nanya dl "Bisa dibantu?" dari posisi Mr. A jauh dr mikrofon sk ga kedengeran dicuekin sama susternya. >.< 

Jadi hrs lbh melek lg. 

April 16-17, 2016

Untungnya itu pas weekend, jd ga ada pusing hrs ijin kerja. Tapi perkembangan Mr. A lambat. hari Sabtunya trombositnya turun ke 8.000 dan stucked. I relieved krn artinya kan itu ud titik terendahnya. Pas trombositnya ud 8.000 lah br Mr. A mulai dikit2 minta minum. Tapi fisiknya malah terliat lebih segar dr seblmnya. Untungnya dy ga demam sedikitpun sejak hr Rabu itu mnm obt demam.

Di hari Minggu br mulai naik 1000 ajah saudara-saudara. Jadi 9.000 di pagi hari dan 19.000 di malam hari.  Lambaaat.. Ak gemaas dan mulai worry that Monday is coming.

Karena ada typhoid jg jd makanannya di jaga jg ga blh keras2. Padahal klo cm DBD sih bebas kn makannya. Naseb emang nih bocah.

Minggu pagi dokter uda kasih suntik booster sih krn naeknya termsk lama mengingat turunnya terjun bebas gt. Mr. A jg uda mulai bosan dan he even felt sorry for me. Hari itu, batukku mulai kumat parah dan ak mulai ga enak badan. Cm masih berusaha bertahan. Weekend yg pasti jd banyak yg visit. Tiap mo tdr ada aja yg datang. 

Hari ini FIL pulang dr UP dan br tau klo Mr.A hospitalized :D


April 18, 2016

So, dlm kondisi badan uda superb tired n ga enak body. Ak memutuskan ijin kerja lagi hari ini.. Haduuhh.. tak terkira ga enaknya. Mana kelasku penuh hr itu. Untungnya cm ujian. Uda gt tmnku mulai kewalahan krn byk jg kerjaannya n ada guru yg absen krn mamanya meninggal jg. Yang bed rest jg msh blm msk. Jadilah ak ga enak ati bngt. 

Tapi bnran dah badan ud rontok tp ak decided klo Selasa pasti msk no matter what. 
Hari ini trombositnya naek ke level 30.000 sekian. Masih donk ya merangkak. Dokter msh ga kasih pulang krn msh rawan internal bleeding. Padahal Mr. A nya mah uda bosen tingkat wahid sih. 

Ak pulang sbntr ambil seragam kerja buat berangkat pagi2 dari RS ke skul. Feeling sih bsk dy pasti bs keluar sih. Jadi for tonight aja. Trz ak mampir ke dokter buat cek batukku lagi. Ganti dokter. Ternyata dktr blg batukku tu awalnya dr flu biasa tp ga tuntas, reaknya turun k saluran pernapasan deh. 

Huff... Ak PP nae G***k aja krn deket n cepet. Sepanjang jalan batuk2 gila. Sampe RS sempet muntah depan RS. Sampe dikira ak sakit n disuruh duduk kursi roda. 

Hari ini Mr. A ud lbh better lg. Pipisnya ud ga perlu dibantu lagi kn jadi ak bs byk tdr. 


April 19, 2016

Pagi bangun rapi2in semua barang2 n siap2 mandi buat kerja. Masih sempet keramasin Mr.A dan urus dy ganti baju dan sikat gigi. Pede abiz dah hr ini pulang padahal blm tau trombo bs pass 50.000 ga. 

Mikirnya ga perlu pe 70.000 uda mau pulang aja. 

Ak ninggalin Mr. A di RS sih dan minta dia update kabar aja. 

Untungnya bs pulang krn trombo uda 57.000. 

Yey...sleep on my own bed tonight!!

Ak jd bs tenang beresin kerjaan deh skrg.




Huff... sampe hari ini ak msih minum obt dokter. Tapi batuk uda mendingan banget. Tapi Mr.A keknya ketular >.< 

Kapan lingkaran setan ini berakhir yeeee???


Yang pasti klo mikirin tanggung jwb jd istri dan guru itu sama2 beraaat.. Susah untuk memilih. Bener2 menunggu bulan Juni dan let this job go... Sabar yaaaaa, Shallllllll!





20 comments:

  1. *puk puk shally*
    get well soon ya, shally & Mr. A....

    iya nih, telat banget dateng meetup n ga ketemu shally, hikss...itu juga ga nyangka dia langsung mau nemenin, demi ngadem di mall daripada kepanasan di rumah abis beberes sembayang :D

    ReplyDelete
  2. Get well soon for both of you ya..
    Musim nya belakangan ini emang banyak yg batuk pilek ya.. siang panas, mlm ujan. Begitu terus diulang2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Cyn. Iya nih bs tau2 sering ujan gitu belakangan ini..

      Delete
  3. Shall.. yg kuat yaa.. pst cape bgd sh. Apalg km nya jg lg drop gitu. Smg cepet sehat smua ya. Kl ada wkt pake bwt istrht spy cepet fit

    ReplyDelete
  4. Huaa, bacanya aja pusing shal apalg yang ngaleminnya yaa,bener2 ni berputar2 sakitnya dan gk tuntas nular dan ditularkan sana sini, semoga cepet sembuh Aa dan Shally, semangat ! dan bener dilema bener antara jadi karyawan dan istri yaa, cepatlah juni datang :)

    ReplyDelete
  5. gw juga bacanya pusing. Ribet sekali hari - harimu Shal, tinggal bentar lagi kok, dan masalah dilema akan berkurang, diganti dengan aura yang lebih sehat dan positive. sabar....sabar.

    Penyakit terus menular selama sekamar sih pasti ya, apalagi kalau kita flu dan mau sembuh, bibit penyakitnya malah lebih kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dri.. sabar2 ini. hehehe
      The hectic month akan dtg sebentar lg.
      Ud lelah pake masker jg. hahah

      Delete
  6. Gue juga bacanya pusing. Ribet ya kayaknya hufh.
    Semoga setelah ini lo dan suami selalu sehat dan fit yaaaa biar bisa cepet punya baby juga hehehe.
    Dinikmati dulu aja bulan-bulan terakhir ngajar, siapa tau abis itu malah kangen sama murid-murid Shal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Olip..
      Amin. hehehhe. ga diksh hamil dl soalnya keknya krn sakit2an. wkwkwk
      Ini lg mikir sih bisa kangen ga ya tar ma anak2 gt. >.<

      Delete
  7. baca topik yang ini berasa banget perjuangan km jadi istri yang baik dan karyawan yang profesional. Menginspirasi sekali shal :)

    ReplyDelete
  8. Hohoho...memang berat untuk dobel job begitu. Apalagi kalo ga bisa milih salah satu. Memang mau ga mau harus ada prioritas. Well, at least you have a choice to pick one only :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes..dipikir2 emang untung msh bs milih ya, ci. cb klo kerjaan jg urgent. huff

      Delete
  9. Shal bener2 hari yg sibuk dan melelahkan ya, btw Mr. A kena tipes tp ga menggigil ya? Kebetulan gw dirawat jg di RS tgl 19-21 april karena tipes. Badan ud panas, menggigil, perut sakit plus pusing. Untung U gerak cepet ya, pusing jg klo ngadepin yg kaya Mr. A ditanya apa jawabnya ky gt -_-;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga menggigil, Na. Bnr2 ga keliatan sakit. >.<

      Delete