Labels

Thursday, February 18, 2016

Essential Oils---apa sih itu?

Hello.. It's Shally here. *ala vloggers greetings*

Intoduction

Hari ini mau mengupas lebih dalam tentang aromaterapi dan kegunaannya. Ini postingan yang udah kurencanakan sejak sebelum married tp belum ada waktu sama sekali untuk mengupdate infonya lebih lagi. Di post bride-to-beauty ini, aku ada mention penggunaan essential oils buat salah satu perawatanku sekarang.
Nah, di post ini mau coba untuk mengupas sedikit inti penggunaan essential oils ini buat kita. Siapa tahu selama ini memang ada yang tertarik dan bisa berguna juga buat yang lain. 

Kalau berbicara soal essential oil, berarti kita berbicara tentang aromaterapi. Aromaterapi biasanya identik dengan bau-bauan yang mampu menenangkan jiwa dan pikiran. Hal ini harusnya bukan hal yang awam lagi buat para wanita khususnya yang sering treatment spa ke salon biasanya akan dibuat relaks dengan wewangian di ruangan. Kemudian banyak juga bahan dasarnya ditemukan didalam skin care kita sehari-hari.

Pertanyaannya darimana asal wewangian ini?

Aromaterapi itu didapat dari minyak natural yang diekstrak dari batang,  bunga, akar pada tumbuh2an. Ada juga sih wewangian yang sintetik untuk beberapa bau yg tidak ada di alam.

Hasil ekstraknya akan berupa oil tapi teksturnya bukan berminyak koq malah gampang meresap. Kemudian dimasukan ke botol yang agak gelap (bisa tahan lama).

Sedangkan kegiatan menggunakan bahan-bahan natural dari alam untuk pengobatan sendiri sudah digunakan jauh sebelum praktik medis berkembang sampai seperti sekarang ini hanya saja kata "aromaterapi" itu sendiri yang baru dikenali di awal abad ke 20. I will skip the history of this.

Bagaimana cara penggunaan aromaterapi ini?

1. Diffuse 

Apa ini diffuse? Well, ga bisa menemukan kata yang tepat sih di bahasa Indonesia. Jadi, aku kasih foto-foto saja deh, Intinya, ini dengan cara seperti diuapkan baunya. 


I have this one. Ini menggunakan listrik. Isi air di wadahnya kemudian teteskan 2-3 tetes oilnya dan nyalakan deh,

Ini lebih besar ukurannya dan lebih kuat diffuse yang keluarnya.

Ini dengan alang-alang. Ada juga yang dengan sumbu di botol keramik. Dengan metode ini sedikit lebih boros sih menurut ku karena perlu 1 botol oil semua dan gak bisa dikontrol penguapannya. Cepat habis dan bau yang dikeluarkan lebih kuat.


Ini metode dengan keramik dan lilin. Aromaterapinya ditetesi di atasnya. Tapi bisa juga kalau punya scented candle.

2. Dihirup langsung.

Beberapa oil ada yang boleh untuk dihirup langsung. Contohnya ginger oil (jahe), oil yg satu ini bisa buat membantu morning sickness juga loh. ^^ 
Kalau dihirup langsung  (inhaled), dikatakan bisa merangsang fungsi otak. Biasa digunakan juga untuk parfum, untuk membantu tidur dengan ditetesi ke bantal. 

3. Dioles langsung ke badan 

Essential oils ini dikatakan mampu menyerap langsung ke dalam kulit kita dan masuk ke aliran darah dan akhirnya akan menyembuhkan atau menyehatkan badan kita kembali. 
Untuk cara ini beberapa oil diharuskan menggunakannya bersamaan dengan carrier oil agar tidak terlalu "keras" ke kulit. Beberapa contoh carrier oil yang gampang ditemukan  adalah castor oil, olive oil, sunflower oil, coconut oil, jojoba oil, avocado oil.
Pssst... Coconut oil bisa digunakan buat make up remover loh. Ga akan bikin kulit kering pastinya!

Dalam metode ini biasanya digunakan sebagai berikut :

3.1. Body dan face oil
3.2  Massage oil
3.3. Berendam (kaki, badan, tangan)
3.4  Menghilangkan kutu pada rambut'
3.5. Hair treatment
3.6  Bersihin peralatan rumah tangga
3,7  Dicampurkan ke makanan  aka. dillute spt lemon oil or peppermint oil ( ini aku sih ga berani so far krn kayaknya masih lebih enak makan buahnya langsung  ^^) 



Apa saja nih essential oils yang bisa digunakan?

1. Orange oil 

Oil ini bisa di diffuse. Fngsinya untuk menenangkan bapil, perasaan nervous, stress dan tekanan, membantu menciptakan perasaan bahagia dan hangat serta bisa membantu anak-anak terlelap di malam hari.

2. Cajuput oil

Oil ini jika di diffuse bisa untuk membantu sistem pernapasan, menenangkan infeksi dan rasa sakit, juga membantu menjernihkan pikiran. Jika di gunakan untuk mandi, bs menurunkan demam.

3.  Lemongrass oil

Oil ini dapat digunakan untuk mengurangi perasaan nervous, pengusir serangga dan bagus untuk mengembalikan semangat ketika merasa kelelahan.

4. Ginger oil

Oil ini ketika di diffuse dapat berguna untuk mengurangi kelesuan, rasa mual, bapil, perasaan kesepian dan kekurangan libido. 
Tips: bisa digunakan dengan cara meneteskan bbrp tetes ke saputangan dan oil ini akan membantu kita mengurangi rasa mual, morning sickness, gangguan pencernaan, bapil dan mabuk di perjalanan.

5.  Lemon oil

Oil ini ketika di diffuse membantu penyembuhan bapil, hilang suara, depresi, mengurangi stress dan kelelahan.  Bahkan lebih lanjut dapat menenangkan iritasi, meningkatkan konsnetrasi, menjernihkan pikiran yang membantu dalam pengambilan keputusan. 

6.  Peppermint oil

Oil ini juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Biasanya di diffuse saat anak-anak dirumah untuk belajar. Oil ini menstimulasi pikiran, mengurangi sakit kepala, mual dan juga bs sebagai pengusir serangga. Apabila dioleskan di perut untuk mengurangi rasa sakit, disarankan menggunakan carrier oil krn minyak ini cukup "panas".

7.  Rose Geranium oil

Ini salah satu favoritku karena wanginya yang enak ketika di diffuse. Oil ini dapat mengurangi rasa stress, depresi ringan saat PMS dan jg menopause. Intinya sih meningkatkan energi dan semangat! 

8.  Rosemary oil

Ini juga oil favorit. Karena berguna untuk meningkatkan memori (suka pikun nih). Kemudian juga mengurangi otot tegang karena lelah dan yang paling menyenangkan adalah membantu penumbuhan dan penebalan rambut. Kalau memperhatikan shampoo organik, banyak yang menggunakan rosemary ini dengan avocado dan coconut oil. 
Tips: Panaskan 2 sendok coconut oil yang ditetesi 2-3 tetes rosemary oil bbrp menit, kemudian usapkan di kepala, diamkan 30 menit sebelum keramas. Membantu rambut menjadi super halus dan mengurangi kerontokannya. ATAU teteskan 2-3 tetes rosemary sehabis keramas bbrp kali seminggu (not everyday) untuk pengganti tonik. Efeknya selain membantu pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan juga menghilangkan ketombe loh. 

9.  Frankincense oil

Well, ini oil yang aku baru dengar belakangan ini karena teman yang sedang hamil sibuk mencari oil buat stretch marknya. Dan minyak ini bisa mengurangi bekas luka dan stretch mark loh. Disebut sebagai king of all oils juga, Karena minyak ini membantu minyak2 yang lain menjadi lebih baik. 

10.  Sandalwood oil

Oil ini sering digunakan sebagai bahan dasar untuk sabun batang, sabun cair dll dan juga di diffuse di tempat2 spa. Hal ini dikarenakan oil ini bisa menghaluskan kulit, mengingkatkan mood, mengurangi bekas luka. Oh,, ini juga berfungsi sebagai aphrodisiac loh aka. mood enhancer for sex time. 

11. Geranium oil 
Oil ini berbeda dengan rose geranium tapi kualitasnya mirip. Ini banyak digunakan untuk campuran face oil or sabun muka karena ada efek mencerahkan, 


and many more...

Yep, masih banyak lagi oil-oil lain yang bisa kita gunakan. Yang kusebutkan diatas hanya beberapa oil yang kugunakan selama ini. 


Apa yang harus diperhatikan dari penggunakan essential oils?

Jadi, sejak mulai mengenal essential oils, aku juga tahu bahwa penggunaan essential oils tidak selalu positif. Jadi harus diketahui pasti penggunaannya dengan benar, takarannya dan kapan saat menggunakannya. Kenapa? Simply because it is a natural and pure ingredients. Kalau digunakan tepat akan menjadi benda yang aman. Tapi dalam beberapa kejadian bisa menjadi racun dan menimbulkan efek samping dan reaksi alergi. 

Ada beberapa oils juga yang harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui karena bau nya yang kuat dapat mencederai bayi dan ada yang memicu kontraksi dini. Contoh : rosemary oil. Tapi kalau di blend dengan oils lain oil itu tidak akan menjadi harmful seperti single oil itu sendiri. 


Serem?

Well, that's why I learn. Banyak buku dan artikel2 yang aku baca sih untuk belajar mengenai oils ini. Tapi beberapa oils yang sering ditemui di Indonesia itu oils yang netral dan berasal dari tumbuh2an yang sering kita temui koq. Jadi aku sih pakai yang normal2 aja dan yang memang berfungsi baik. Pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak buruk jg. 

Kontra?

Untuk sebagian orang tua disekitarku, include my hubby at first , merasa kalau diffuse aromaterapi itu berbahaya. Konsep pikirannya yang yg dihirup itu spt menghirup asap rokok or polusi. Tapi setelah tahu bahwa oil yang kugunakan itu natural dan yg dipakai hanya material air, akhirnya Mr. A mengerti, Mr. A malah kadang minta menyalakannya atau mencari wewangian yang natural instead of pewangi ruangan sintesis yang dijual bebas. 

Note: Yang punya asma, epilepsi, atau kondisi penyakit berat lain sih disarankan consult dulu dengan dokter 

Aku menghindari wewangian sintesis. Pembelian oils juga ga sembarangan dan benar2 hanya mencari yang natural saja.


In conclusion?

Penggunaan essential oils secara terpisah masih belum cukup populer di Indonesia. Aku belum menemukan buku khusus oils ini dalam bahasa Indonesia di toko buku terdekat jadi cari info nya dengan beli ebook, bongkar2 artikel2 dari luar negri. Walaupun begitu, keinginan masyarakat modern untuk natural things uda mulai besar. Terbukti dengan mulai banyaknya penjual sayuran organik sampai sabun, lotion natural sekarang ini. Banyak diantara mereka juga menjual essential oils ini. 
Kalau digunakan dengan benar dan tepat, oils ini akan sangat membantu dan menyehatkan dan yang pasti jangan mengaharapkan hasil instant kalau menggunakan natural remedi untuk skin care. Jadi, harus sabar dan disiplin ya.. ^^

Jika tertarik mencoba harus takes time to read, explore and find out more. 

You can read some here:

You can google more about this also. Banyak koq e-booksnya free. 

You can find what you need here:


Kalau mau cari yang natural2 boleh coba cekidot disini:

1. Shirley's Natural
2. The Bath Box
3. Lust.Tres
4. Human Heart Nature ID


source: theartofunity.com

Bagi yang punya info lebih boleh di share ya..^^

6 comments:

  1. Ms Shally, ms per-oils-an nih nicee infoh shal, ak mah paling sering cajuput oils alias MKP haha XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk.. minyak seribu umat ya, ni.

      Delete
  2. Hahaha, sama kayak nienie.. aku jg paling sering pake minyak kayu putih..
    shal, selama pake essential oil ini, manfaat positif yg udah dirasain apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kbykan oil yg g pake lbh ke untuk relaksasi or mood booster jd g nyalain klo lg istirahat or susah tdr. untuk bapil relieve g sih sjk merit blm pnh bapil. cm klo merasa meriang2 gt or masuk angin g akan nyalain orange or lemon or ginger n tdr. paginya jd seger. yg paling g pake lgsng itu rosemary buat rmbt n bbrp carrier oil kek sunflower, jojoba, coconut n argan oil buat skin care. g blend carrier oils itu untuk almost everything. make up base, night cream, buat bersihin muka step terakhir biar ga kering. or pake sndr klo lg ga make up or lg iritasi krn debu. klo diblg hslnya gmn, g ga tau jg. krn g pake buat lembabin n kulit g ga kusam sih. trz rosemary sih g efek bgnt..

      Delete