Labels

Tuesday, September 22, 2015

Yey! Punya vendor dekor juga akhirnya *grin*

Setelah mengalami kesibukan melelahkan beberapa minggu di sekolah menjelang ujian akhir, akhirnya tiba juga hari ini! Anak-anak sudah ujian, artinya ak cm perlu koreksi, isi rapot kemudian libur term deh seminggu. 2 weeks to go! ^^ 
Jadi hari ini bisa sedikit update blog lg and kepoin blog-blog lain jg. hehehe. 

Oke, seperti judul postnya, jadi ak mau bicarain soal dekor. Puas banget dah uda dapat yang oke kali ini. Mentally satisfied! Buat yang ga tau or baru baca post ini, fyi aja ini adalah vendor dekor ketiga ak  >.<  Vendor-vendor awal ada kubahas di post2 sebelumnya sih. Tapi pertanyaannya adalah kenapa sampe sebanyak itu gantinya???*sigh* 
Bukan bermaksud ngerempongin diri sih tapi penggantian dekor vendorku dibutuhkan. Let me explain it from the beginning. Bakalan agak panjang nih. Begini nih kira-kira timelinenya:

Januari 2015
Kita deal dengan pihak hotel beserta beberapa vendor rekanannya untuk memudahkan saja. Kemudian kita dibuatkan schedule untuk bertemu beberapa vendor dari dekor, entertainment dan WO. Nah, pada waktu itu Vendor dekor 1 (selanjutnya disebut VD1) yang datang memberikan presentasi yang menarik, karena Mr. A dan ak tipenya males ribet2 jadi kita langsung okay dengan VD1 itu. Beberapa minggu kemudian VD1 mengirimakan layout dekor untuk hari H kita dan hasilnya bagus! Ak sih suka sekali karena warnanya sangat menarik. Tapi yang menjadi kekhawatiran ak wkt tu adalah perbedaan warna yg direquest dengan hasil designnya, takut ga nyambung gt. 

Maret 2015
Bulan ini kita mendatangi wedding expo yang diadakan oleh pihak hotel dan sekalian kita mau mengkonfirmasi vendor entetatinment dan WO juga berbicara dengan pihak VD1 ini. Setelah deal dengan entertainment and WO, kita melakukan meeting pertama dengan WO. Saat WO ku tahu perihal vendor dekor yang kita pilih, dia sudah kasih first warning mengenani taste owner dr VD1 ini. Owner VD1 adalah orang konstruksi bukan design, biasanya dia failed merealisasikan hasil gambarnya tapi diakui untuk konstruksi yang terbuat dr styrofoamnya dia bagus. Pada waktu itu Mr. A dan ak sih sedikit "errrr". Jadinya stlh itu aku made appointment ke VD 1 n minta ketemu buat bahas detail-detail, make sure dll. 

April-Agustus 2015
Dalam periode ini, kita uda ketemu 2 kali dengan pihak VD1 untuk benar-benar memastikan soal hasil dekor dia. Bahkan ak blak-blakan bilang soal gosip-gosip yang ak dengar. Pada saat itu, VD1 terus berusaha meyakinkan bahkan kita minta apa dikasih, contoh ak pengen beda hand bouquet siang dan malam pun dikasih free komplen dari dia. Bahkan VD1 langsung minta ak kontek Mbak Atrina untuk bahas soal bunga. Dalam periode inipun Mr. A uda transfer DP sebesar 10jt ke pihak VD1. Dan Mr. A dan ak juga sempet melihat hasil dekorasinya untuk pengantin lain pada bulan Juli itu waktu kita sedang menyempatkan urus detail dengan hotel dan WO.  Kita pun dapat info dari WO bahwa bbrp klien dy yang pakai jasa VD1 banyak yang mendadak pindah. Alasannya simple, karena ga meyakinkan. Kliennya itu bingung kenapa tidak ada penambahan biaya sama sekali. FYI, budget dekor dr hotel itu 45jt dan pihak VD1 tidak memberikan penambahan sedikitpun untuk setiap requestku, termsk penambahan bunga, fruit fountain, fresh flower, flower crown dan juga warna kain untuk tiffany blue (which is dia ga punya pada wkt itu). 
Tapi....kita msh positif nih walau sudah melihat hasilnya dan memang kurang puas. Kita mikirnya ini emang beda dari paketnya kita. Bahkan rencana kita waktu itu habis lebaran akhir bulan akan melunasi pembayaran dekornya.

September 2015
The drama begin...>.<  My fmil mendapat ajakan kepesta wedding temannya punya saudara di Hotel Menara Peninsula di minggu dan kebetulan vendor dekor yang dipilih pengantinnya adalah VD1 dan WO nya juga sama. Sepulang dari sana, my fmil a lil freak out about the decor yang menurutnya parah! Terlalu looks cheap (tapi again saat itu juga emang dekornya beda paket nya dr harga kita). Tapi my fmil merasa too risky to trust. Bahkan WO ku juga menyampaikan keluhannya my fmil ke ak via WA. So, dengan cepat ak merespon dan berdiskusi dengan Mr. A soal hal ini. Mr. A minta ak menghubungi pihak hotel dan berdiskusi untuk pembatalan. Akhirnya setelah sungkan sana sini, ga enak juga ma VD1 tapi kita harus membatalkan daripada kecewa hari H. Kitapun masih harus membayar charge untuk cancelation fee. Ak lupa berapa persen tapi waktu itu Mr. A masih harus mentransfer sebesar 1 jt sekian. 
Nah, dengan kondisi h-2 months n no vendor dekor, ak lumayan kelabakan. WO ku menyarakan vendor kedua (selanjutnya disebut VD2). VD2 jg ada kusebut di post sebelumnya. 
Dalam waktu 1 minggu dari pembatalan, kita meeting pertama dengan pihak VD2. Kesannya: serem ownernya! Mgkn krn dy uda berumur aka om2. Kesannya tuh orangnya sulit diapporach dan yang ada kita sungkan mo ngomong ma dy. Kita mau request sesuatu tapi yang ada mental or dy menyarankan yang lain. Tapi WO ku meyakinkan kalau taste dan hasil dekor orang ini bagus. Memang kalau lihat foto IG nya sih bagus dan VD2 ini juga merupakan favorit dari pihak hotel karena hasilnya yang bagus. Kemudian yang lucu adalah ownernya hanya memberikan sketsa gambar tangan. bener-bener hanya coretan. Dy mendesign dan menuliskan semua request kita. Waktu itu dengan extra HB malam, dekor pelaminan dengan two maple trees, fruit fountain (hanya org yang mendekor buah saja), karpet rumput kita mendapat penambahan biaya sekitar 20 jt. Doeng.. I shocked. Tu pohon mahal ajeeee. Trz my fmil stlh trauma dengan hasil yang VD1, dy mau melihat hasil dekor VD2 di hotel dulu sebelum confirm. Tapi memang hasil dekor memuaskan banget! Tapi, my fmil merasa karpet rumput dan maple tree nya sudah tidak diperlukan dengan gaya dekor VD2 ini, karena VD2 menggunakan fresh flower disetiap sudutnya. Nah, ak akhirnya menghubungi owner VD2 (always deg2an dah mo contact si om) untuk confirm. Tapi ternyata dy WA ak dan bilang harus ke Aussie buat bantu dekor ponakannya so he couldn't help us here. *haiyaaaaa*

Dengan insiden Mr. A dan juga kesulitan dia keluar rumah, kali ini ak pasrahin ke pihak hotel n WO dah buat ksh saran vendor baru. uda give up buat cari-cari lagi. WO sebenarnya mo menyarankan vendor dr luar tapi ternyataaaa vendor yang Wo ku mau nyaranin, masuk dalam rekanan hotel dan kebetulaaaan di recommend sama pihak hotel. Nama vendor ketiga kali ini adalah Fleur De Lis dekor. Namanya bagus yak. Kebetulan ownernya ex client WO ku dan di suggest jg sama WO ku ke pihak hotel. So, kita adalah klien pertama dy dari pihak hotel ini ^^.
Kamis minggu lalu, kita ketemu di rumah Mr. A. Ownernya masih muda, ga beda lah dari WO jadi enak kita ngobrolnya. Setelah discuss detail this and that penambahannya sama dengan yang diberikan oleh VD2 tapiiiiii yang kita dapat much MORE dari VD2. Kira-kira yang kita dapat:
  • Temanya elegant garden (lime green and tiffany blue)
  • Warna bunganya pastel
  • Dekor VIP dengan kursi putih touch tiffany blue, dekor meja bulat
  • Dekor pelaminan dengan backdrop ukiran, daun2 asli, bunga menjulur
  • Dekor teapai room dirumah dan hotel
  • HB malam, pagi
  • Center stage (pengganti photobooth)/ floor dance dgn 2 pohon dan lantai yang diberi print inisial
  • Mini garden
  • White rose petal carpet
  • Dekorasi gallery, foyer, dll. 

Soooo, ak puas sekali dan memang hasilnya bagus. Ini contoh dekor yang ak suka. Tema rustic untuk klien dia seblmnya. 

ak suka dgn touch succulentnya! IG: fleurdelisdekor



Ada juga yang ak nambahin sendiri untuk hashtag board yang akan ditaro di dekat foto galeri. Suka banget dengan hasilnya. ^^
IG: themagichappens_id

Adapun ak cari box set untuk alkitab, rosario, salib yang biasa diberikan saat pemberkaan. Ak mencari box yang kupikir masih bisa dipakai nantinya. Ini masih dalam proses pemesanan. Ak mesen warna offwhite dan masih 12 hari lagi baru jadi. 

Ini contoh box untuk holy matrimony. IG :fold.packaging
Setelah sebagian besar urusan dekor beres, sekarang sisa fokus keperihal prosesi masuk. Masih galau dengan sewa dancer or ga. Tapi....glad I have reduced a lot from my lists! 







16 comments:

  1. Wiw finally dapet juga vendor dekornya, deg2an juga ya sempet ganti2 vendor >.<

    Semangat Shal :)

    ReplyDelete
  2. waaa good news ya Shal uda dapet vendor dekor, yeay!! semoga nanti hasilnya memuaskan ya Shal, amien2!!
    hari H bulan November ya? yuks smangat2 ya Shal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! Thx, Ping. Feeling sih memuaskan yak dibandingkan yg sblm2nya.
      Iya, hari H nya di November. Jia you.:)

      Delete
  3. nicely done! smoga no more drama untuk decor ya Shal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep! semoga yg kali ini uda berjodoh banget dah :)

      Delete
  4. I love fleurdelis Shal.... theme dia rustic2 gt demen bangeeetttt... akhirnya kelar juga yah vendor decor ini... semangat yah saiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Rit. Iya, touch cici ownernya bagus untuk bunga juga. ^^

      Delete
  5. Demen banget sama box buat seserahan pemberkatan <3 Mudah-mudahan hasilnya nanti cantik dan memuaskan ya Shal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap.. semoga *berdoadarisekarang* ^^

      Delete
  6. Fleur de lis sama ko leo ya shal? Hehehe.
    ko leo orgnya emang baik bgt ya..

    akhirnya udh ketemu vendor dekor yg sreg jg ya shal... hihihi.
    cakep tema dekor nya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap dgn Leo. koq tau? Rela ditny2 ^^

      Delete
  7. Hallo...lega yaa kalo uda dpt vendornya...semoga lancar terus yaa sampe hari H...

    ReplyDelete
  8. Hi Shall.. Akhirnya yahh.. Lancar2 ya semua sampe hari H nya.. Hehe.. smoga smua sesuai ekspektasi.. Btw, itu jadi VD1 kamu angus 11 jutaan gt? Sayang yah :( Tapi emang serem si kalo hasilnya jelek.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fan, iya hangus deh duitnya buat si VD1. Lumayan bisa buat nambah dekor sekarang sih. tapi klo sampe jelek uda deh nyeselnya seumur idup dah. >.<

      Delete